Pages

Minggu, 09 November 2014

PAHLAWAN ???


          10 Nopember dicatat sebagai hari pahlawan bagi bangsa Indonesia. Tentu ada peristiwa heroik yang amat dahsyat yang pada masa itu dilakukan oleh pemuda, orang tua, anak-anak dan bangsa Indonesia pada umumnya dalam mengusir penjajah di Surabaya. Seruan Bung Tomo dengan mengumandangkan pekik takbir "Allahu akbar,  Allahu akbar,  Allahu akbar!" mampu membakar semangat dan keberanian semua anak bangsa berjuang mengusir penjajah walaupun dengan alat/perlengkapan seadanya.
          Jika kita renungkan maka akan menggugah beberapa pertanyaan yang muncul di benak kita: Mengapa mereka memiliki semangat dan keberanian yang luar biasa? Mengapa mereka rela bertaruh nyawa nelawan penjajah? Mengapa mereka mau melakukan itu semua? Apakah merekah tidak punya kepentingan atau pamrih dalah berjuang?
Pembaca sekalian, pertanyaan-pertanyaan di atas dapat dijawab hanya dengan satu kata: IKHLAS. Ya mereka melakukan semua itu dengan ikhlas. Keikhlasan merupakan ruh dari sebuah perjuangan. Saat ini ruh itu sangat dibutuhkan dalam segala lini kehidupan. Guru, pelajar, mahasiswa, pedagang, petani  dan lain-lain.
Apalagi para pejabat dan wakil rakyat perlu memperkuat ruh ikhlas ini. Semoga terwujud, amin.

0 komentar:

Posting Komentar

 

web widgets
Apa pendapat anda tentang blog saya?
Sangat Bagus dan Mendidik0%
Sangat Bagus0%
Mendidik0%
Bagus0%
Buruk0%
Tidak Mendidik0%
Sangat Buruk0%
Sangat Buruk dan Tidak Mendidik0%